Untung Rugi Ternak Kambing Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha!

Belajar Ternak – Memelihara ternak merupakan kegiatan yang menghasilkan pendapatan bagi sebagian orang, khususnya di daerah pedesaan. Salah satu hewan yang kerap dijadikan ternak adalah kambing. Sebelum memeliharanya, untung rugi ternak kambing harus diperhatikan agar ternak tidak menyesal di kemudian hari. Berikut adalah keuntungan dan kerugiannya:

Untung Rugi Ternak Kambing Harus Diperhatikan

untung rugi ternak kambing

Keuntungan Beternak Kambing

Beternak kambing dapat memberikan beragam keuntungan bagi orang yang melakukannya. Jika kambing yang dimiliki banyak, pastinya keuntungan yang diperoleh lebih besar lagi. Untung rugi ternak kambing yang harus diperhatikan, agar dapat memperkirakan pemasukan serta pengeluaran. Berikut ini keuntungan dari ternak kambing secara umum, yaitu:

1. Tubuh Kambing Memiliki Banyak Manfaat dan Gizi

Siapa sangka, ternyata hewan ini mempunyai banyak manfaat sehingga cocok untuk diternakkan. Bulu dan kulit kambing dapat berguna untuk industri tekstil, sepatu, dan masih banyak lagi. Bahkan kotoran kambing pun berfungsi sebagai kompos untuk menyuburkan tanaman.

Bila bagian-bagian tubuh kambing tersebut dijual, tentunya peternak akan memperoleh untung. Tak hanya itu, daging kambing unggul dari segi kandungan kalori dan lemaknya dibanding hewan ternak lain. Meski demikian kandungan lemaknya juga tinggi, sehingga konsumsinya harus diimbangi dengan vitamin agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Selain daging, susu kambing juga bergizi tinggi menyerupai ASI. Kandungan susu kambing dipercaya mampu mencegah tubuh dari serangan bakteri. Untuk menikmati susu kambing, sebaiknya dalam kondisi dingin.

2. Kambing Memiliki Sifat Mudah Beradaptasi

Untung rugi ternak kambing dapat dilihat dari adaptabilitas hewan tersebut. Kabar baiknya, kambing adalah binatang yang mudah beradaptasi. Sifat inilah yang menjadikannya mudah dipelihara dan dijinakkan di tengah kondisi apa pun. Peternak tidak perlu repot menyediakan tempat khusus agar kambing bisa diternakkan dengan baik.

Berbagai tempat atau lokasi cocok untuk beternak kambing. Cuaca seperti apa pun dan dataran setinggi apa pun bukan masalah bagi kambing untuk terus hidup. Tak hanya itu, cara merawat kambing juga fleksibel. Baik dengan cara tradisional atau modern bahkan dengan sistem kandang dan rumahan dapat dilakukan, agar kambing terawat secara maksimal.

Kerugian Beternak Kambing

Terlepas dari semua kelebihannya, beternak kambing juga dapat memberikan kerugian. Tapi, kerugian ini tidak akan berdampak besar jika bisa diatasi dengan tepat. Berikut adalah beberapa kerugian yang diperoleh peternak, antara lain:

1. Kambing Memiliki Bau Tidak Sedap

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa tubuh kambing memiliki aroma yang khas dan bisa dikatakan tidak sedap. Bau ini biasa disebut dengan bau prengus. Banyak orang yang tidak tahan dengan bau prengus dan menganggapnya mengganggu, sehingga enggan berdekatan dengan kambing. Belum lagi kambing juga mengeluarkan kotoran yang baunya pasti menusuk hidung

Hal itu membuat peternak kambing harus tidak keberatan dengan bau tubuh kambing. Para peternak juga harus sanggup berkutat dengan kotoran dari tubuh dan kandang kambing. Hal ini agar kambing terawat dengan maksimal, serta kondisi kandang dan pakannya juga terjaga.

2. Adanya Penurunan Harga di Waktu Tertentu

Biasanya peternak kambing mendapat keuntungan besar menjelang Idul Adha. Pada masa itu, biasanya permintaan akan daging kambing meningkat pesat, karena daging kambing akan dijadikan sebagai kurban. Namun, setelah Idul Adha, biasanya pemasukan dari ternak kambing akan merosot secara pesat. Tentunya hal ini membuat peternak kerepotan.

Jadi, baiknya peternak memiliki usaha atau pekerjaan lain agar tetap memiliki pemasukan. Dengan demikian, meski permintaan akan kambing menurun, peternak tidak akan terlalu terpengaruh. Peternak juga sebaiknya memiliki tabungan, misalnya dari penjualan kambing selama Idul Adha, agar tetap dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Itulah untung rugi ternak kambing merupakan faktor yang penting untuk dipertimbangkan. Peternak harus paham betul kelebihan dan kekurangan beternak kambing dibanding hewan lainnya. Penting juga untuk memperhatikan sumber daya dan modal yang dimiliki sebelum mulai beternak.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!