Tips Menghasilkan Ternak Domba Garut Berkualitas

Belajar Ternak – Ternak domba Garut dapat menjadi usaha yang menjanjikan bagi seorang peternak. Pasalnya, beternak domba ini memiliki prospek yang bagus dalam produktivitasnya. Selain itu, domba Garut memiliki bau yang tidak terlalu menyengat seperti kambing biasanya. Saat beternak domba ini sendiri, peternak bisa mendapatkan banyak keuntungan mulai dari gizi dari dagingnya, bulunya, dagingnya, susunya.

Bahkan, dari kotorannya sendiri bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman. Jadi, selain beternak bisa juga sambil bercocok tangan. Menjanjikannya beternak domba ini membuat peternak berlomba-lomba untuk mencetak domba yang berkualitas. Terdapat tips jitu agar domba garut memiliki kualitas yang bagus, berikut ini:

Tips Menghasilkan Ternak Domba Garut Berkualitas

ternak domba garut

1. Cari Indukan yang Bagus

Indukan yang bagus akan mempengaruhi pertumbuhan anaknya. Hal ini karena gen tubuh yang besar akan menurun pada keturunan selanjutnya. Maka, apabila mempunyai domba garut yang indukannya kurus dan kurang bagus, usahakan agar berisi. Lakukan hal apapun untuk menggemukan dombanya agar  bagus dan besar. 

Saat memilih domba garut yang ingin diternak, selain melihat fisiknya yang terlihat usahakan tahu indukannya juga. Ciri-ciri fisik yang bagus saat memilih domba garut yaitu tubuhnya gemuk, tidak cacat, bersih, gerakannya lincah, dan kakinya kuat. Ini juga berlaku bagi indukan sebelumnya yang melahirkannya. 

2. Kawinkan dengan Jantan yang Bagus

Selain indukannya bagus, saat ingin memperbanyak atau ternak domba garut yang berkualitas pilihlah pejantan yang bagus juga. Sebelum masa perkawinan, persiapkan indukannya maupun pejantannya. Pejantan yang bagus pastinya harus memiliki fisik yang bagus juga. Jangan sampai secara fisik pejantan jauh lebih kecil dari indukannya. 

Selain fisiknya, pejantan juga harus memiliki umur yang matang. Pejantan dengan umur yang matang akan berpengaruh pada kematangan spermanya juga. Untuk menambah kekuatan si jantan, bisa diberikan jamu terlebih dahulu secara rutin. Satu pejantan bisa siap mengawini 5 betina atau lebih, yang penting jangan lebih dari 10 betina. 

3. Siapkan Tempat Hidup yang Memadai

Setelah memilih indukan maupun pejantan yang berkualitas, siapkan juga tempat atau kandang  yang tepat. Tentunya kandang yang mempengaruhi kualitas domba garut agar bagus adalah kandang yang rutin dibersihkan. Sehingga, domba garut merasa nyaman dan meminimalisir terjangkitnya penyakit yang menyerang domba garut.

4. Berikan Pakan

Hal inti saat beternak adalah memberikan pakan bagi ternak. Pakan yang rutin dan tepat waktu mempengaruhi pertumbuhannya. Selain itu, perhatikan kadar pakan yang diberikan antara rumput dan daun. Apabila belum disapih beri rumput 1 berbanding dengan 1 daun, bida dalam takaran kilogram.  Sedangkan yang sudah disapih, beri 3 banding 2 untuk rumput dan daunnya. 

5. Lakukan Perawatan

Setelah empat hal diatas dilakukan, satu hal lagi yang perlu diketahui yakni perawatan yang tepat baik dari fisik, tempat, maupun psikis nya. Jika tempat sudah dilakukan perawatan yang bersih, beranjak pada fisiknya. Selain pemberian pakan, kebersihan pada domba bisa diperhatikan dengan dimandikan satu minggu sekali. 

Mandi itu untuk menghilangkan bakteri pada bulu atau kulit domba. Cukur juga bulu dombanya jika lebat dan mengganggu kegiatan hewan ternak ini. Lalu potong kukunya, agar rapi dan bersih. Kegiatan perawatan ini harus rutin dilakukan.

Demikian tips ternak domba garut agar memiliki kualitas domba yang bagus. Keberadaan kualitas domba pastinya akan mempengaruhi penjualan domba.  Maka, perawatan yang tepat akan mempengaruhi produksi domba, sehingga penjualan domba laris.  Ekonomi bisa terangkat serta peternakan akan berkembang, jika dombanya berkualitas.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!