Tips Untuk Ternak Cucak Rowo, Pasti Berhasil!

Belajar Ternak – Burung cucak rowo merupakan salah satu burung yang banyak digemari atau diminati oleh masyarakat. Suara kicauannya yang sangat merdu membuat mulai banyaknya perlombaan burung cucak rowo. Hal tersebut dapat dijadikan suatu peluang usaha untuk melakukan ternak cucak rowo. Mengingat permintaan akan burung ini juga semakin banyak setiap tahunnya. Berikut ini tips agar ternak berhasil:

Tips Untuk Ternak Cucak Rowo

Ternak Cucak Rowo

1. Memilih Indukan

Untuk mencapai suatu keberhasilan dalam melakukan ternak cucak rowo yang harus diperhatikan yaitu pemilihan indukan. Indukan yang telah terpilih haruslah benar-benar sehat agar dapat menghasilkan keturunan yang berkualitas. Umur yang sesuai atau optimal untuk melakukan perkawinan juga perlu diperhatikan.

Umur kawin yang sesuai untuk cucak rowo jantan yaitu 2 tahun dan 1,5 tahun untuk cucak rowo betina. Kicauan indukan juga haruslah sangat merdu. Hal tersebut dikarenakan kicauan menjadi primadona yang membuat harga burung cucak rowo mahal.

2. Membuat Kandang

Pemilihan lokasi untuk pembuatan kandang burung cucak rowo haruslah sesuai dan juga strategis. Hal itu dimaksudkan agar kebutuhan cucak rowo dapat terpenuhi seperti air, listrik maupun makanannya agar dapat tumbuh dengan optimal. Lokasi yang strategis tersebut juga memudahkan para pecinta burung cucak rowo untuk dapat melihat dan juga membeli. 

Pembuatan kandang tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan bambu maupun kayu. Kandang biasanya dibuat dengan ukuran 3 x 2 x 3 meter. Di dalam kandang juga dapat dibeli kolam buatan maupun tumbuhan sehingga burung cucak rowo merasa nyaman dan merasa berada di habitatnya. 

3. Pemberian Pakan Burung

Hal yang perlu diperhatikan dalam proses ternak cucak rowo yaitu perawatan. Menjadi kunci utama agar burung dapat tumbuh optimal dan juga menghasilkan suara yang merdu. Pemberian pakan haruslah kaya akan protein. Contoh dari pakan burung yang baik yaitu serangga seperti jangkrik dan belalang. Pakan buatan seperti pelet juga dapat diberikan.

Selain itu burung cucak rowo juga dapat diberikan pakan berupa buah-buahan. Contohnya seperti pisang, pepaya dan lainnya. Pemberian buah dilakukan agar kebutuhan nutrisi berupa vitamin dan serat terpenuhi dengan optimal sehingga dapat menghasilkan suara yang merdu.

4. Pembersihan Kandang

Kandang yang nyaman akan membuat burung dapat hidup dengan optimal. Pembersihan kandang perlu untuk dilakukan secara berkala seperti seminggu sekali. Habitat yang bersih akan membuat burung dapat hidup nyaman dan mengeluarkan suara yang merdu. 

Pergantian air minum serta kolam buatan juga perlu untuk dilakukan. Hal tersebut dilakukan agar tidak menjadi sarang penyakit bagi burung cucak rowo. Penyakit tersebut yang kemudian dapat menyebabkan burung rentan mengalami kematian. 

5. Perkawinan dan Penjualan Burung

Sebagian orang sering kali mengalami kegagalan dalam proses mengawinkan burung cucak rowo. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman terhadap cara mempertemukan burung jantan dan betina. Burung jantan yang merasa kaget terhadap kehadiran betina biasanya akan stress dan tidak melakukan perkawinan. 

Oleh karena itu, masukkan burung jantan terlebih dahulu pada kandang. Setelah burung jantan nyaman dan tenang maka masukkan burung betina secara perlahan-lahan. Situasi yang nyaman didalam kandang dapat dilihat dari burung-burung yang saling berkejaran. Telur burung yang dihasilkan dapat ditetaskan secara alami oleh burung ataupun dengan diambil dan ditetaskan buatan oleh bantuan cahaya. 

Telah diketahui beberapa tips ternak cucak rowo yang dapat dilakukan. Jagalah kebersihan kandang dan berikan pakan yang bergizi agar burung hidup dengan optimal dan dapat menghasilkan suara yang merdu.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!