Ketahui Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu

Belajar Ternak – Menjadi salah satu jenis burung unggulan, nama murai batu sangat populer di kalangan penggemar burung. Karena hal itu, banyak yang mulai untuk menjalankan usaha dengan ternak burung murai batu. Peternak pun perlu memahami cara membuat kandang ternak murai batu yang baik.

Cara tersebut untuk meminimalkan risiko burung murai merasa tak nyaman dan mengganggu kepada kualitas dari hasil ternak. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk membuat kandang ternak dari burung murai yang nyaman:

Ketahui Cara Membuat Kandang Ternak Murai Batu

cara membuat kandang ternak murai batu

1. Menentukan Lokasi Ternak Sesuai

Menentukan sebuah lokasi untuk mulai menjalankan usaha ternak burung murai tentu perlu dilakukan. Hal tersebut juga akan mempengaruhi kenyamanan dari burung murai itu. Pilih lokasi untuk membuat kandang yang nyaman dan aman.

Menghindarkan kemungkinan burung akan mengalami gangguan ketika di dalam kandang, sebaiknya kandang disimpan dalam rumah. Burung murai akan mudah stres jika berada dalam kandang yang bising, sehingga menjadi tak nyaman. Pastikan jangan menyimpan kandang di luar rumah. Selain berpotensi burung akan stres, juga menghindari tindak pencurian.

2. Melakukan Perhitungan Ukuran Kandang

Melakukan perhitungan ketika kandang akan dibuat juga menjadi nilai penting yang harus dipikirkan oleh peternak. Setelah lokasi ditentukan, maka peternak juga perlu menentukan ukuran serta bentuk kandang burung murai.

Apabila peternak memiliki area penyimpanan kandang yang luas, sebaiknya buat kandang yang luas untuk setiap burungnya. Ukuran kandang yang luas juga tentunya akan membuat burung murai batu menjadi nyaman. Namun, jika areanya sedikit, dapat dibuat kandang dengan disusun beberapa tingkatan.

3. Memerhatikan Bahan Dasar

Material yang dibutuhkan ketika membuat kandang tidak sulit. Bahan dasar mudah ditemui pun dapat digunakan untuk membuat kandang yaitu asbes, bambu, kayu, kawat, hingga batako dapat dipakai. Sebaiknya untuk bagian belakang dan samping kandang dibuat tembok menggunakan batako, serta bagian depan dapat memakai kayu dan kawat.

Tetap buat kandang yang memiliki sirkulasi udara yang baik bagi ternak, sehingga kualitas suara pun dapat terus dijaga. Hindari pembuatan atap kandang dari seng, karena akan menimbulkan efek panas yang tak nyaman bagi burung murai batu.

4. Membuat Desain

Desain kandang tentu saja sangat diperlukan untuk pembuatannya. Selain untuk kenyamanan burung murai batu itu sendiri, desain juga diperlukan untuk membuat kandang yang baik bagi ternak.

Kandang untuk burung murai batu setidaknya memiliki 2 pintu di bawah dan atas kandang. Tujuan dibuatnya 2 pintu itu untuk memudahkan pemberian pakan dan air bagi burung murai, serta pembersihan kandang ternak.

5. Membuat Kandang Terasa Nyaman

Terakhir, cara membuat kandang ternak murai batu adalah memberi kenyamanan bagi murai. Hal ini untuk menghasilkan kualitas yang baik bagi ternak. Caranya dengan rajin membersihkan kandang, mengganti air di bak mandi burung murai setidaknya 3 kali sehari.

Hal itu disebabkan di habitatnya, murai batu gemar mandi di air sungai. Berikan juga lampu bohlam untuk memberikan nuansa hangat bila malam atau cuaca terasa dingin. Menyedikan tangkai atau batang untuk burung hinggap juga diperlukan, sehingga murai merasa sedang di habitat aslinya.

Menentukan serta memahami cara membuat kandang ternak murai batu sangat diperlukan, terutama bagi pemula. Pembuatan kandang pun akan memberi pengaruh terhadap kualitas kicauan dari burung murai batu. Apabila burung mengalami stres, maka kicauannya tak akan merdu seperti biasanya, hal itu akan berpengaruh terhadap nilai jualnya.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!