5 Cara Ternak Entok Cepat Bertelur

Belajar Ternak – Budidaya entok bisa jadi pilihan bisnis yang baik sekarang ini. Selain menguntungkan, beternak entok juga terbilang mudah. Apalagi jika telah mengetahui cara ternak entok cepat bertelur, maka pemula pun dapat melakukannya. Dengan cepatnya entok bertelur, maka keuntungan akan lebih cepat didapat.

Meskipun tidak sepopuler unggas lainnya, beternak entok dinilai lebih menguntungkan. Ini karena entok tidak mudah sakit dan dapat bertahan di segala cuaca. Maka dari itu, mengetahui cara pembiakan entok dapat menambah keuntungan berkali lipat. Berikut cara mempercepat entok bertelur:

Cara Ternak Entok Cepat Bertelur

5 Cara Ternak Entok Cepat Bertelur

1. Memilih Bibit Unggul

Untuk memulai bisnis peternakan entok, ada baiknya untuk memilih bibit yang potensial. Bibit yang lebih baik cenderung akan mudah bertahan hidup dan dapat menghasilkan telur yang potensial juga. Bibit unggul biasanya memiliki bobot 38 – 40 kg, dengan kondisi mata yang sehat serta gerakan yang gesit.

Perhatikan juga kebersihan bulu dan duburnya, karena menyangkut kesehatan dari bibit tersebut. Pemeliharaan bibit sebaiknya dilakukan secara ekstra, karena bibit tersebut yang menentukan perkembangan bisnis. Jika kesehatannya diperhatikan, bibit tersebut akan melahirkan bibit yang sehat pula.

2. Kondisi Kandang yang Baik

Selain bibit, kondisi kandang entok pun harus diperhatikan. Karena ini menyangkut keberlangsungan hidup dari entok tersebut. Kandang yang bersih akan meminimalisir perkembangan penyakit. Kenyamanan kandang pun perlu diperhatikan. Ini dilakukan agar entok tidak mudah stress.

Ada beberapa tipe kandang yang dapat diterapkan. Pertama tipe postal. Tipe ini umumnya berukuran besar agar dapat menampung banyaknya entok. Kedua ada tipe baterai. Berukuran 50x50x45 cm, biasanya diisi sekitar 5 ekor entok dewasa. Pekarangan dengan lahan yang luas pun dapat menjadi tempat perkembangan entok.

3. Perhatikan Pakan

Pemberian pakan yang tidak baik, terkadang akan membuat entok mudah terkena penyakit. Untuk itu, demi menjaga agar entok tetap sehat maka perhatikanlah metode pemberian pakan. Berilah pakan yang sehat dan bernutrisi tinggi. Selain itu entok juga harus diberi makan secara teratur agar tidak mudah terserang penyakit.

Pemberian pakan entok pun tidak terlalu sulit. Entok dapat diberi makan dengan campuran bekatul, nasi, ikan, ampas tahu, menir dan keong. Beri juga sesekali suplemen atau vitamin untuk menjaga imunitas entok. Suplemen dan vitamin dapat ditemui dengan mudah di toko pakan unggas.

4. Pemberian Vaksin

Pemberian vaksin juga dapat menjadi cara ternak entok cepat bertelur. Terkadang ada beberapa penyakit entok yang tidak cukup hanya dengan diberi makanan bernutrisi dan tambahan suplemen. Beberapa penyakit justru memerlukan vaksin yang tepat sebagai alat penangkalnya.

Pemberian vaksin dapat membantu imunitas entok. Perlu diketahui, vaksin adalah alat pencegahan dan antisipasi ketika entok mengalami sakit. Dengan demikian, vaksin bukanlah obat untuk entok ketika sakit. Maka dari itu pemberian vaksin sebaiknya diawal, sebelum entok terserang penyakit.

5. Perhatian Lebih Pada Anak Entok

Berbeda dengan entok dewasa, anak-anak entok lebih rentan terkena penyakit. Terutama jika terkena udara dingin. Meskipun anak entok berusia 1 bulan sudah bisa dilepaskan di pekarangan, tetapi udara dingin terkadang membuat entok tersebut kembung. Jika kembung maka entok kecil tidak dapat makan secara normal.

Maka dari itu, anak-anak entok sebaiknya diberi makan sebelum malam hari agar dapat mencegah kembung. Selain itu, kandang anak entok pun perlu diberi terpal di dindingnya untuk mencegah udara malam masuk. Lakukan pemeliharaan secara baik setidaknya sampai entok berusia 6 bulan.

Kunci sukses pada bisnis ini adalah ketelatenan. Intinya pemeliharaan yang baik adalah hal utama sebagai cara ternak entok cepat bertelur.  Entok memiliki kondisi yang baik, maka entok akan sangat diminati di pasaran. Oleh karena itu sebelum memulai bisnis ini sebaiknya persiapkan komitmen yang konsisten.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!